Prinsip Kerja Motor 2 langkah

Urutan siklus mesin 2 langkah sama dengan mesin 4 langkah , sama – sama melakukan gerakan isap – kompresi – usaha – buang. Hanya saja pada mesin 2 langkah satu siklus diselesaikan dengan satu putaran poros engkol atau dua kali gerakan piston, sehingga keempat proses kerjanya beberapa ada yang berlangsung secara bersamaan.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih dalam.

1. LANGKAH ISAP DAN LANGKAH KOMPRESI.

DIBAWAH PISTON

Selama langkah piston menuju TMA , ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut menjadi hampa / vakum.dengan perbedaan tekanan ini maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang.langkah ini disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol.

DI ATAS PISTON.

Selama proses ini, piston bergerak menuju TMA. Bila kedua saluran yaitu saluran bilas (transfer port ) dan saluran buang ( exhaust port ) tertutup, maka proses langkah kompresi di mulai.dengan gerakan piston terus ke atas mendorong gas baru yang sudah masuk sebelumnya , membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA , busi akan memercikan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi. Langkah ini disebut langkah kompresi.

2.LANGKAH USAHA , BUANG.

Setelah putaran kedua atau 360 derajat, piston bergerak dari TMA ke TMB.

DIATAS PISTON.

Pembakaran mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga, dan mendorong piston bergerak menuju TMB.langkah ini disebut langkah usaha.

Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang (exhaust port ) terbuka oleh kepala piston, gas –gas bekas pembakaran keluar melalui saluran buang. Langkah ini di sebut langkah buang.

DI BAWAH PISTON.

Beberapa selanjutnya setelah saluran buang dibuka, maka saluran bilas (transfer port ) mulai terbuka oleh tepi piston. Gas baru yang berada dibawah piston terdesak dan mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantu mendorong gas sisa keluar. Proses ini disebut pembilasan.

Ringkasan.

1. Pada ½ putaran poros engkol pertama (180) dari TMB ke TMA :

– Di bawah piston : Langkah isap atau pengisian ruang engkol.

– Di atas piston : Langkah kompresi.

2. Pada ½ putaran poros engkol kedua (360) dari TMA ke TMB :

– Di atas piston : Langkah usaha dan langkah buang.

– Di bawah piston : Pembilasan.

Seiring perkembangan , pemerintah saat ini memberlakukan peraturan yang menekankan pabrikan sepeda motor untuk menekan tingkat polusi gas buang. Maka mesin motor 2 langkah sudah jarang di produksi.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s