Prinsip Kerja Motor 4 Langkah

Mesin 4 langkah yang digunakan pada sepeda motor prinsip kerjanya sama dg yang digunakan pada mobil , perdedaanya hanya pada jumlah silinder yang digunakan.

PRINSIP KERJA MESIN 4 LANGKAH / 4 TAK ADALAH SBB:

1. LANGKAH ISAP (SUCTION STROKE ).

Katip masuk terbuka, katup buang tertutup .piston bergerak dari titik mati atas
( TMA ) ke titik mati bawah ( TMB ).karena pegerakan piston ini , maka di atas piston terjadi pembesran volume yang menyebabkan ruang tersebut menjadi hampa (vakum ).Perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dg tekanan hampa, mengakibatkan udara luar akan mengalir dan bercampur dg bensin di karburator untuk membentuk gas. Selanjutnya gas tersebut mengalir ke dalam ruang silinder melalui saluran masuk (intake manifold ) dan katup

INTAKE VALVE Terbuka

EKHAUST VALVE tertutup

Piston bergerak dari TMA ke TMB

2.LANGKAH KOMPRESI (COMPRESSION STROKE ).

Katup masuk dan katup buang tertutup.Piston bergerak dari TMB ke TMA.

Setelah terjadi pengisapan , piston yg sudah mencapai TMB kembali bergerak ke atas (TMA ), memperkecil ruangan di atas piston , sehingga campuran gas bakar menjadi padat serta tekanan dan suhunya pun naik.Beberapa derajat sebelum [iston mencapai TMA terjadi letikan bunga api dari busi yang membakar campuran gas bakar tsb.
Perlu di ketahui bahwa penyalaan api ini di lakukan pada waktu yang sangat tepat , agar di dapat tenaga yang maksimum.

Katup masuk dan katup buang tertutup.Piston bergerak dari TMB ke TMA.

3.LANGKAH USAHA ( POWER STROKE ).

Katup masuk dan katup buang tertutup.

Piston begerak dari TMA ke TMB.
Proses pembakaran menyebabkan campuran gas akan mengembang dan memuai…, sehingga energi panas yg dihasilkan dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston begaerak ke TMB. Langkah usaha inilah yang di harapkan pada mesin dapat menjaga kelangsungan kerja dan perolehan tenaga mesin.

Dari proses langkah usaha ini terlihat bahwa terjadi proses perubahan energi panas menjadi energi mekanis / energi gerakbolak balik kemudian diubah lagi menjadi gerak putar pada poros engkol untuk selnjutnya di teruskan ke roda melalui komponen kopling dan transmisi.
Intake Valve tertutup Exhaust Valve tertutup Busi memercikan api pada saat piston beberapa Beberapa derajat sebelum TMA.

5. LANGKAH BUANG ( EXHAUST STROKE ).

katup masuk tertutup, katup buang terbuka.Piston bergerak dari TMB ke TMA.

Setelah mesin menghasilkan energi yang diperoleh dari adanya ledakan gas yang terbakar, selanjutnya piston bergerak ke TMA mendorong gas sisa pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang (exhaust manifold ).Katup masuk tertutup, katup buang terbuka.Piston bergerak dari TMB ke TMA.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s